Breaking News
Home / Berita / Direktorat KSKK Laksanakan Monev PIP Di Bireuen

Direktorat KSKK Laksanakan Monev PIP Di Bireuen

Bireuen (Farizal) – Direktorat KSKK (Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan) madrasah, Kementerian Agama RI di Jalarta melalui pemantauan tim dan evaluasi (monev) melakukan monev Program Indonesia Pintar (PIP) madrasah di Bireuen, Jumat (20/12/2019).
Tim yang didampingi kasi kesiswaan kanwil kemenag Aceh, Qadriah MPd dan kasi pendidikan madrasah (penmad) kankemenag Bireuen, Azhary MPd, ikut ke beberapa madrasah di lingkungan kankemenag Bireuen, di MTsN 5 Bireuen dan MAN 2 Bireuen.
Salah satu anggota tim, Uswatun Hasanah SAg kepada media mengatakan, tujuan dilakukan monev ini antara lain untuk mendukung dan memastikan realisasi program perioritas pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan dan memeriksa akses pendidikan melalui program PIP.
Uswatun menambahkan, mereka juga ingin menjalankan langsung progres pelaksanaan program PIP di lapangan. Apakah dana yang digunakan PIP sudah sesuai dengan tujuan yang dilaksanakan program tersebut, katanya.
“Kami ingin menyetujui program PIP sesuai tujuan PIP itu sendiri. Selain itu kami juga melakukan monev ketatausahaan, terutama terkait kelengkapan administrasi PIP, BOS dan program lain yang terkait dengan kerja KSKK, ”ungkapnya.
Untuk memastikan hal tersebut, pihaknya meminta pihak madrasah untuk menghadirkan orang tua / wali siswa dan siswa sendiri untuk diwawancarai terkait dengan bantuan PIP tersebut.
Selain wawancara, mereka juga menyediakan instrumen monev lainnya yang terdiri dari angket pertanyaan (dipisahkan) yang harus diisi oleh masing-masing orang tua dan siswa.
Apa yang mereka dapatkan di lapangan? Uswatun mengatakan, “pantaun mereka” di madrasah penerima manfaat, hasil sementara sudah sesuai dengan harapan.
Sementara itu, kasi kesiswaan bidang penmad kanwil kemenag Aceh, Qadriah MPd yang dimintai tanggapannya, mengatakan bahwa kegiatan monev yang dilakukan pihak direktorat ini sangat positif.
Sebelumnya mereka juga sudah mendapatkan informasi awal dari tim monev kanwil kemenag Aceh, yang juga sudah melakukan monev yang sama ke lapangan, tambah Qadriah.
Namun, pihak direktorat KSKK ingin mendapatkan informasi dan memastilan proses penyaluran dan menggunakan bantuan PIP langsung dengan bantuan penerima, yaitu orang tua dan siswa sendiri, lanjutnya.

About admin

Check Also

Bupati Bireuen Meninggal, Kemenag Berduka

Bireuen (Farizal)— Sejak Minggu (19/1/2020) malam, jagat maya pemberitaan dipenuhi berita duka meninggalnya H Saifannur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *