Breaking News
Home / Berita / 135 Guru Madrasah Di Bireuen Ikut KKG MGMP

135 Guru Madrasah Di Bireuen Ikut KKG MGMP

Bireuen (Farizal) – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, kantor kankemenag Bireuen menggelar kegiatan peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru madrasah melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai 11 – 13 November 2019. Dibagi dalam tiga gelombang dengan tempat terpisah, dan rencananya diikuti 135 guru madrasah yang merupakan wakil kepala madrasah / koordinator bidang hubungan dan kesiswaan jenjang MI, MTs, dan MA.
Untuk gelombang pertama diikuti 45 guru, berlangsung selama di MAS Kuta Blang, Bireuen, Senin (11/11/2019). Gelombang kedua dan ketiga akan dilaksanakan di MIN 50 Bireuen, dan MIN 27 Bireuen. Demikian jelas Amirza, selaku panitia kegiatan.
Kegiatan yang mengangkat tema “guru berwawasan luas, pendidikan berkualitas,” lanjut Mirza mempersembahkan sumber dari pengawas madrasah, yaitu Jahallim Solin SAg MPd dan M Daud SAg MPd.
Masing-masing akan membahas tentang bagaimana menyusun perangkat pembelanjaan dan melakukan penilaian hasil belajar yang baik dan benar sesuai dengan keputusan pendjen nomor 5164 tahun 2018 tentang petunjuk teknis pembuatan RPP pada madrasah dan keputusan dirjen pendis nomor 5161 tan 2018 tentang hasil belajar.
Sementara itu, kasi pendidikan madrasah (penmad), Azhary MPd dalam sambutan dan arahannya saat membuka acara membahas tentang peningkatan kapasitas dan profesionalisme guru melalui optimalisasi peran dan fungsi forum KKG dan MGMP.
Ia berharap forum KKG dan MGMP yang sudah lama terbentuk dapat diiefektifkan sehingga betul-betul menjadi wadah pembelajaran bersama bagi para guru.
Lebih lanjut Azhary mengatakan kualitas pendidikan antar berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari hasil berbagai kompetisi siswa. Salah satunya yang baru-baru ini digelar adalah Kompetisi Sains Madrasah (KSM).
Karena sangat penting dilakukan upaya-peningkatan kualitas yang didasarkan pada guru. “Guru yang pintar akan mampu mentransfer dengan baik pengetahuan atau pelajaran yang diampunya kepada peserta didik. Guru pintar, siswa cerdas, ”ungkapnya.

About admin

Check Also

USBK: Terobosan Baru Proses Evaluasi Pendidikan

Bireuen (Farizal)—Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) merupakan hal baru bagi siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *