Breaking News
Home / Berita / Kankemenag Bireuen Sosialisasikan E-RKAM

Kankemenag Bireuen Sosialisasikan E-RKAM

Bireuen (Farizal)— Perkembangan dan kecanggihan teknologi informasi yang cepat dan akses yang begitu mudah telah memunculkan berbagai jenis sistem manajemen informasi yang dirancang melalui aplikasi-aplikasi penunjang kinerja. Kesemuanya bertujuan untuk mempermudah pekerjaan dan mengakses kembali hasil pekerjaan tersebut.  Salah satu di antaranya aplikasi E-RKAM.
Aplikasi Elektronik-Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (E-RKAM) merupakan sistem informasi pengelolaan pendapatan dan belanja madrasah berbasis elektronik (online). Apliaksi ini digunakan untuk menyusun Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM), mulai dari proses perencanaan sampai dengan proses penyerapan Anggaran Madrasah.
Melalui aplikasi berbasis online/ web yang dapat diakses kapanpun dan di manapun melalui perangkat keras seperti komputer, laptop dan telepon seluler (handphone) ini, diharapkan perencanaan, pegelolaan, penyerapan, dan pelaporan  informasi kegiatan anggaran madrasah berjalan lancar.
Mengawili penerapan aplikasil tersebur yang rencananya akan diterapkan secara efektif pada tahun 2020 nanti, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen melalui seksi pendidikan madrasah (penmad) akan melaksanakan sosialisasi perencanaan dan penganggaran madrasah berbasis kinerja melalui aplikasi E-RKAM di lingkungan kankemenag Bireuen.
Sekretaris panitia, A Hadi SIP kepada media ini mengatakan, kegiatan yang mengangkat tema “Perencanaan Anggaran Akurat,  Penyerapan Tepat, Kinerja Mantap,” rencananya diikuti oleh 266 peserta –dari 113 madrasah dan 20 Raudhatul Atfal (RA)– yang merupakan kepala dan operator madrasah, kepada dan operator RA, di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen.
Keseluruhan peserta tersebut, katanya dibagi dalam enam gelombang kegiatan yang dilaksanakan selana satu hari, pada setiap Sabtu.  Mulai Sabtu, (5/10/2019) sampai Sabtu (9/11/2019), dan bertempat di aula kankemenag Bireuen. Masing-masing gelombang diikuti 40 dan atau 40-an lebih peserta, atau 20 sampai 22 madrasah dan RA setiap gelombangnya.
Menurut Hadi, tujuan kegiatan ini antara lain untuk melakukan sosialisasi tantang perencanaan dan penganggaran madrasah berbasis kinerja melalui E-RKAM. Selanjutnya membimbing para peserta secara teknis sehingga mampu melakukan proses perencanaan dan penganggaran madrasah yang berbasis kinerja melalui Aplikasi E-RKAM secara baik dan benar.
Adapun sasaran kegiatan ini nantinya diharapkan tesedianya data dan informasi perencanaan, penganggaran, dan penyerapan , serta pelaporan anggaran madrasah berbasis kinerja yang mudah diakses melalui Aplikasi E-RKAM ini, demikian jelas Hadi.

About admin

Check Also

101 Peserta Ikuti Bimbingan Pengelolaan Keuangan Keluarga

Bireuen (Ilham Syahputra) – Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bireuen melalui seksi Bimas Islam menggelar kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *