Breaking News
Home / Kemenag News / Kasi Kesiswaan Monitor Pelaksanaan pre-KSM 2019

Kasi Kesiswaan Monitor Pelaksanaan pre-KSM 2019

Bireuen (Farzial)—Kasi kesiswaan bidang Pendidikan Madrasah (penmad) kanwil kemenag Aceh, Dra Qadriyah MPd, Rabu (3/7/2019) pagi melakukan monitoring dan pembimbingan pre-KSM (Kompetisi Sains Madrasah) tahun 2019 di beberapa madrasah di Bireuen.
Kegiatan monitoring dan bimbingan tersebut bertujuan melihat langsung persiapan madrasah, memberikan dukungan, bimbingan dan memotivasi para peserta dan guru pendamping dalam menghadapi ajang lomba bidang sains tingkat kabupaten yang segera akan dilaksanakan pada 20 Juli 2019 mendatang.
Selain berkunjung langsung ke beberapa madrasah, Qadriyah juga bertemu dengan sejumlah guru pembimbing dan calon peserta KSM tahun 2019, yang berlangsung di aula kankemenag Bireuen pada Rabu siang.
Turut hadir pada pertemuan tersebut kasi penmad kankemenag Bireuen, Azhary MPd, kepala madrasah, guru pembimbing, dan sejumlah perwakilan peserta KSM tahun 2019 yang akan bertarung pada KSM tingkat kabupaten Bireuen.
Pada kesempatan itu, Qadriyah meminta para guru pembina KSM untuk terus melakukan pembinaan dan melatih peserta semaksimal mungkin dengan memberikan latihan soal-soal KSM terdahulu, mulai soal tingkat kesukaran rendah, sedang, hingga tinggi.
Ia menjelaskan berdasarkan pengalaman KSM tahun sebelumnya, tingkat kesukaran soal-soal KSM lebih tinggi dari soal Ujian Nasional (UN), tetapi lebih mudah dari soal-soal OSN. Namun soal-soal KSM memiliki ciri khusus yaitu semua soal terintegrasi dengan pelajaran agama, lanjutnya.
Karena itu Ia meminta guru pendamping dan siswa peserta KSM dari semua tingkatan –MI, MTs dan MA– untuk terus dan lebih giat lagi berlatih mempersiapkan diri menghadapi ajang bergengsi tingkat madrasah ini.
“Harapan kami soal-soal KSM terdahulu, baik tingkat kabupaten, provinsi dan maupun nasional supaya dipelajri semuanya oleh peserta. Juga penting memperkaya diri dengan soal-soal lain yang sesuai dengan kisi-kisi materi soal KSM yang ada,” pesan Qadriyah.
Sementara itu kasi penmad kankemenag Bireuen, Azhary MPd –yang mendampingi Qadriyah saat pertemuan berlangsung– berpesan kepada peserta untuk terus memperdalam pengetahuan dan wawasan, khususnya bidang sains yang dilombakan.
“Teruslah belajar memperkuat pengetahuan setelah sekian lama libur pada bulan ramadhan dan lebaran guna merefresh memori pelajaran yang mungkin sudah lama ditinggal para siswa,” harap Azhary.

About admin

Check Also

101 Peserta Ikuti Bimbingan Pengelolaan Keuangan Keluarga

Bireuen (Ilham Syahputra) – Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bireuen melalui seksi Bimas Islam menggelar kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *