Breaking News
Home / Berita / Kakankemenag Bireuen: Pustakawan Harus Memotivasi Siswa Gemar Membaca

Kakankemenag Bireuen: Pustakawan Harus Memotivasi Siswa Gemar Membaca

Bireuen (Farizal)—Kepala kankemenag Bireuen Drs H Zulkifli Idris MPd mengatakan, seorang pustakawan atau pengelola perpustakaan madrasah dalam lingkup kankemenag Bireuen, harus mempu memotivasi siswa untuk gemar mambaca.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka secara resmi kegiatan Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) diklat teknis pengelolaan perpustakaan madrasah pada wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan (BDK) Aceh tahun 2019. Acara berlangsung pada Senin (20/5/2019) siang di aula kankemenag setempat.

“Petugas pustaka hari ini harus fokus berinovasi menciptakan suasana perpustakaan yang dapat menarik perhatian dan memotivasi siswa dan guru untuk gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan. Tidak hanya sekedar mengatur dan menata buku-buku koleksi di ruang pustaka,” pesan Zulkifli.

Pada kesempatan itu, Zulkifli mengingatkan para peserta untuk serius dan bersungguh-sungguh mempergunakan kesempatan diklat ini. Ia meminta peserta untuk merespon dengan baik setiap materi pembelajaran, berikut jadwal diklat yang telah ditetapkan dan disepakati bersama panitia.

Harapannya lanjut Zulkifli supaya peserta memperoleh pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang yang baik dalam rangka mengelola, menangani, merawat, dan mengembangkan koleksi perpustakaan, serta menemukan solusi pengelolaan perpustakaan yang profesional.

Sementara itu panitia DDWK dari BDK Aceh, Zahlul Buadi SSos dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan agar setiap pengelola perpustakaan madrasah mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik.

Kegiatan yang mengangkat tema “Melelui diklat ini, kita tingkatkan kemampuan pegawai kementerian agama yang profesional dalam menangani, merawat dan mengembangkan koleksi perpustakaan madrasah,” diikuti oleh 40 peserta (guru dan tata usaha) madrasah tingkat MIN, MTsN dan MAN, di lingkungan kankemenag Bireuen.

Menghadirkan widyaiswara/ nara sumber dari BDK Aceh dan pejabat struktural pada kankemenag kabupaten Bireuen. Berlangsung mulai Senin-Sabtu, 20 – 25 Mei 2019. Demikian jelas Zahlul, yang juga salah seorang pejabat yang menangani diklat teknis pada BDK Aceh, usai pembukaan acara tersebut.

About admin

Check Also

Penyerahan Juara KSM Tingkat Kabupaten Bireuen di Aula Kankemenag Bireuen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *