Breaking News
Home / Berita / Kakankemenag Bireuen Buka Pentas PAI Ke-9

Kakankemenag Bireuen Buka Pentas PAI Ke-9

Bireuen (Farizal)—Pelaksana harian (plh) Kepala kankemenag Bireuen, Azhary MPd membuka secara resmi kegiatan pekan keterampilan dan seni – Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke-9 tahun 2019 tingkat kabupaten Bireuen. Acara berlangsung di aula kankemenag setempat pada Selasa (9/4/2019) siang.

Turut hadir dalam acara tersebut, kepala dinas pendidikan pemuda dan oleh raga (disdikpora) Bireuen, yang diwakili kabid pembinaan SD, Surya MPd; para kasi di lingkungan kankemenag Bireuen; ketua MKKS SMA/ SMK; ketua MKKS SMP, ketua K2S SD, para kepala sekolah, guru PAI, guru pendamping peserta, dan beberapa peserta lomba.

Dalam sambutan dan arahannya, Azhary menyampaikan bahwa kegiatan pentas PAI merupakan salah satu ajang peningkatan mutu pendidikan, peningkatan pembinaan dan peran guru, dan pengembangan bakat-minat siswa di bidang keterampilan dan seni.

Selain itu katanya, kegiatan pentas PAI juga diharapkan dapat menjadi ajang menyambung dan memperkuat tali silaturrahmi antar dua lembaga yang menangani pendidikan (disdikpora – kemenag), guru/ pendamping, peserta, dan panitia serta dewan juri.

Kepada peserta, Azhary berharap bisa menampilkan ketrampilan, kebolehan, bakat dan minatnya semaksimal mungkin. Demikian juga kepada panitia dan dewan juri untuk dapat menilai dan memilih peserta secara sportif, yang akan mewakili Bireuen di tingkat provinsi nantinya.

Sementara itu ketua panitia kegiatan, Ishak SAg dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini akan diikuti oleh 395 peserta, mulai tingkat SD, SMP, dan SMA/ SMK, se-kabupaten Bireuen.

Kegiatan yang mengangkat tema “ikhlas berilmu, sportif bertanding,” akan melombakan delapan cabang lomba yaitu Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Mushabaqah Hifzil Quran (MHQ), lomba pidato PAI, lomba debat PAI, kaligrafi Islam, cerdas cermat PAI, nasyid acapela, dan kreasi busana muslim. Kegiatan juga dirangkai dengan bazar buku dan pernik-pernik Islam.

Keseluruhan kegiatan akan berlangsung selama empat hari, mulai 9 – 12 April 2019, dipusatkat di tiga lokasi terpisah yaitu di kankemenag Bireuen, mesjid Badrusslam Cot Gapu, dan MAN 2 Bireuen di Cot Gapu.

Adapun tujuan kegiatan ini, kata Ishak adalah untuk menggali, membangkitkan dan mengembangkan bakat-minat para siswa, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan agama.

Selanjutnya menjaring peserta terbaik mewakili Bireuen untuk diikutsertakan pada lomba tingkat provinsi, bahkan ke tingkat nasional. Demikian jelas Ishak yang juga kasi Pakis kankemenag Bireuen.

Kepala Disdikpora Bireuen yang diwakili kabid pembinaan SD, Surya MPd di awal sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kankemenag Bireuen atas terselenggaranya kegiatan pentas PAI ini.

Ia berharap penampilan peserta yang merupakan perwakilan dari UPTD atau sekolah masing-masing nantinya dapat tampil maksimal. “Bagi yang menang harus bersyukur dan terus memperdalam bakatnya, dan bagi yang belum beruntung harus berusaha lebih keras lagi,” katanya.

Ia juga mengingatkan hadirin untuk memperkuat rasa keikhlasan dalam bertugas, sesuai dengan point pertama ikrar guru PAI dan stakeholder, yaitu ikhals hanya kepada Allah SWT. Mudah-mudahan ini menajdi pedoman beraktivitas sehari-hari, ungkap Surya di akhir sambutannya.

Usai pembukaan kegiatan secara resmi, acara dilanjutkan dengan penandatanganan bersama ikrar guru PAI dan stakeholder pada baliho yang menjadi latar panggung, diawali oleh pejabat dua lembaga, perwakilan, MKKS, MGMP, dan K2S. Dan diakhiri dengan foto bersama.

About admin

Check Also

USBK: Terobosan Baru Proses Evaluasi Pendidikan

Bireuen (Farizal)—Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) merupakan hal baru bagi siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *