Home / Berita / Menebar Bakti di Tangjong Beuridi

Menebar Bakti di Tangjong Beuridi

Bireuen (Farizal)—Puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 kementerian agama tinggal empat hari lagi. Tepatnya pada 3 Januari 2019 nanti. Berbagai prosesi penyambutannyapun dilakukan segenap insan “ikhlas beramal,” di manapun berada di seluruh penjuru nusantara. Tak terkecuali di Aceh, bahkan di kankemanag Bireuen.

Hari ini, Sabtu (29/12/2018) kankemenag Bireuen beserta jajarannya melakukan dua kegiatan sosial dalam rangka penyambutan hari lahirnya kementerian agama tersebut. Pertama, gotong royong massal yang dipusatkan di mesjid Munawarah, Gampong Ulee Jalan, kecamatan Peusangan Selatan-Bireuen. [Baca: Kankemenag Bireuen Tunai Bakti di Tempat Suci](https://aceh.kemenag.go.id/berita/503967/kankemenag-bireuen-tunai-bakti-di-tempat-suci)

Berikutnya adalah kegiatan “bedah” madrasah, yang menjadi agenda kegiatan kedua peringatan HAB tahun ini. Adapun madrasah yang dibedah adalah Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Tanjong Beuridi, masih dalam kawasan kecamatan yang sama.

Turut hadir dalam kegiatan “bedah” madrasah, kepala kankemanag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd, kasubag TU, para kasi, penyelenggara syariah, kepala madrasah, kepala KUA, penghulu, penyuluh, pengawas madrasah, aparatur dan tokoh masyarakat serta tokoh agama gampong Tanjong Beuridi, dan beberapa gampong di sekitarnya.

“Bedah” madrasah dimaksud merupakan kegiatan pembenahan sarana madrasah tersebut dengan beberapa bagian bangunan yang direhabilitasi. Salah satunya adalah Ruang Kegiatan Belajar (RKB). Dari bangunan kayu, diubah menjadi setengah permanen, mengganti atap dengan yang baru, plafon, lantai, dan pengecatan. Proses rehabnya sudah mulai dilakukan beberapa hari yang lalu.

Selain itu, pembuatan jalan baru menuju madrasah sepanjang lebih-kurang 30 meter dengan leber tiga meter. Mulai dari pinggir jalan kecamatan, hingga ke halaman madrasah. Juga dilakukan pembersihan dan perbaikan sumur, sebagai salah satu sumber air untuk kebutuhan warga madrasah.

Ketua panitia peringatan HAB ke-73 kankemenag Bireuen, Anwar MPd kepada media ini mengatakan bahwa suksesnya kedua kegiatan yang sudah dilaksanakan hari ini berkat kerjasama dan peran aktif semua anggota keluarga besar kankemenag Bireuen dan masyarakat setempat.

“Saya atas nama panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini. Kami tentu tidak akan sanggup membalas semua ini. Hanya Allah-lah yang akan membalasnya,” ungkap Anwar sesaat usai kegiatan.

Ia menambahkan, puncak kegiatan peringatan HAB ke-73 tahun ini akan dilaksanakan pada 3 Januari 2019 di halaman pendopo bupati bireuen, berupa upacara peringatan HAB ke-73 yang akan diikuti oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan kankemenag Bireuen. Dan juga diikuti oleh para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bernaung di bawah lembaga tersebut.

Selain itu lanjut Anwar, setelah upacara akan dilanjutkan dengan kegiatan sosial lainnya berupa donor darah oleh warga kankemenag Bireuen yang sudah mendaftarkan diri pada panitia sebagai pendonor. “Yang belum mendaftar juga diperkenankan untuk mendonorkan darahnya pada hari tersebut, termasuk pendonor yang bukan dari institusi kementerian agama,” lanjutnya.

Sementara itu, kepala kankemenag Bireuen, di awal sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap kegiatan ini. Ia mengajak hadirin untuk terus bersama-sama peduli dan membangun lembaga pendidikan Islam seperti madrasah ini.

“Lembaga pendidikan Islam seperti madrasah, beberapa di antaranya memang seperti ini kondisinya sarananya. Tapi saya yakin para alumninya jauh lebih baik dan sukses dari kondisi bangunannya. Karena itu saya mengajak, mari kita lebih peduli dan membangun bersama lembaga pendidikan kita ke arah yang lebih baik lagi,” pesan Zulkifli.

Usai gotong-royong yang merupakan rangkaian kegiatan akhir “bedah” madrasah dan seremonial, kegiatan dilanjutkan dengan kenduri makan siang bersama.

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Check Also

Bagikan Takjil, DWP Kemenag Bireuen Sebut Berbagi Untuk Solidaritas Umat

Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Bireuen membagikan takjil gratis kepada masyarakat menjelang waktu berbuka. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *